Daily News 23/04

April 23, 2024 No. 2543

BUAH

Segar Kumala Indonesia Tbk.

Jelang Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, emiten PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) berencana kembali untuk membagikan dividen kepada para pemgang saham.

Setelah sukses membagikan dividen sebesar Rp 14 Miliar pada periode pertama sejak melantai di bursa, PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) merencakan kembali untuk membagikan dividen kepada seluruh pemegang saham pada tahun ini.

Renny Lauren selaku direktur utama PT Segar Kumala Indonesia Tbk berencana untuk mengusulkan kembali dilakukannya pembagian dividen pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2 mei 2024 nanti.

"Usulan atas pembagian dividen ini nantinya akan dibahas dalam mata acara agenda rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) perseroan yang rencananya akan digelar pada 2 Mei 2024, jadi usulan ini masih menunggu hasil persetujuan dari RUPST nanti." Ujar Syanne selaku Sekretaris Perusahaan PT Segar Kumala Indonesia Tbk dalam keterangan resmi di Jakarta.

Adapun nominal dividen yang diusulkan untuk tahun ini sebesar Rp23,- per lembar saham. Angka ini meningkat pesat dibandingkan dengan pembagian dividen pertama perseroan yang dilakukan pada tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp14,- per lembar saham atau sebesar Rp14 Miliar yang dibagikan kepada seluruh pemegang saham.

https://www.emitennews.com/news/geber-rups-2-mei-segar-kumala-buah-usul-bagi-dividen-rp23-per-saham

BBCA

Bank Central Asia Tbk

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan entitas anak membukukan kenaikan total kredit sebesar 17,1% secara tahunan (YoY) menjadi Rp835,7 triliun per Maret 2024. Pertumbuhan total kredit tersebut berada di atas rata-rata industri. 

Sementara itu, laba bersih BCA dan entitas anak tumbuh 11,7% YoY hingga Rp12,9 triliun pada kuartal I 2024. Pertumbuhan ini ditopang ekspansi pembiayaan yang disalurkan, perbaikan kualitas pinjaman secara konsisten, serta peningkatan volume transaksi dan pendanaan.

“Kami melihat optimisme konsumsi masyarakat, khususnya selama periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini, turut berdampak positif bagi penyaluran kredit BCA hingga Maret 2024. Minat kredit konsumer terjaga dengan baik, tercermin dari tingginya antusiasme pengunjung BCA Expoversary 2024 yang berlangsung secara offline pada 29 Februari?3 Maret 2024, dan online sampai akhir April 2024. 

Hingga akhir Maret, total aplikasi KPR dan KKB pada BCA Expoversary 2024 telah mencapai lebih dari Rp30 triliun, dan diharapkan terus bertambah hingga penutupan nanti. Kami optimistis dapat menjaga pertumbuhan kinerja hingga akhir tahun ini, sejalan dengan positifnya prospek perekonomian nasional,” kata Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja kepada media secara Virtual Senin (22/4).

https://www.emitennews.com/news/bca-bbca-bukukan-laba-naik-117-persen-capai-rp129t-di-kuartal-i

DCII

DCI Indonesia Tbk.

PT DCI Indonesia Tbk. (DCII), telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Paparan Publik untuk tahun buku 2024. Emiten penyedia layanan infrastruktur pusat data (colocation) itu, memaparkan serangkaian pencapaian signifikan sepanjang tahun 2023. Perusahaan mantapkan komitmen dalam inovasi serta ekspansi yang berkelanjutan sebagai pemimpin pasar pusat data di Indonesia.

Dalam keterangannya, Senin (22/4/2024), Direktur Keuangan dan Corporate Affairs PT DCI Indonesia, Evelyn, menyatakan, perseroan menutup tahun buku 2023 dengan meraih berbagai prestasi. 

Di antaranya, keberhasilan ekspansi Platform DCI, menjadi operator pusat data pertama di Asia Tenggara yang meraih Tier IV Gold Certification of Operational Sustainability (TCOS), dan pencatatan kenaikan pendapatan 25,1% Year on Year menjadi Rp1,3 Triliun. Pencapaian ini merupakan hasil optimalisasi berbagai strategi dan inovasi yang menjadi kunci keberhasilan DCI dalam mempertahankan pertumbuhan bisnis yang baik

https://www.emitennews.com/news/dci-indonesia-dcii-siap-pertahankan-posisi-sebagai-pemimpin-pasar

HERO

Hero Supermarket Tbk

Hero Supermarket Tbk (HERO) menyampaikan bahwa mengalihkan bisnis ritel Hero Supermarket Perseroan kepada afiliasinya, yaitu PT Hero Retail Nusantara (HRN) pada tanggal 19 April 2024.

Manajemen HERO dalam keterangan tertulisnya Senin (22/4) menuturkan bahwa hal tersebut dilakukan dengan telah menandatangani the Conditional Sale and Purchase Agreement (CSPA) pada tanggal 19 April 2024 antara HERO dan HRN sebesar Rp135 miliar selain itu Perseroan akan menerima pembayaran tambahan dari HRN sejumlah sekitar Rp35 miliar sebelum pajak yang berlaku.

Selain itu, berdasarkan proyeksi keuangan Segmen Bisnis HS untuk tahun buku 2025-2027, nilai potensial keuntungan bersama (earn out) dari Segmen Bisnis HS yang akan diterima oleh Perseroan dari HRN adalah sebesar Rp13 miliar sebelum pajak yang berlaku sehingga total menjadi senilai Rp183 miliar.

Lebih lanjut Manajemen HERO setuju untuk menyewakan toko-toko, pusat distribusi, dan ruang kantor yang berlokaasi di Emerald Bintaro, Kota Wisata, Pusat Distribusi Hero, dan Kantor Hero Store Support Centre (SSC) kepada HRN dan telah menyetujui untuk menyediakan layanan-layanan tersebut mulai tanggal 29 Juni 2024 hingga 31 Oktober 2024 selanjutnya HRN juga setuju bahwa selama periode 3 tahun setelah penyelesaian transaksi, akan berbagi keuntungan tertentu (earn out) dari Segmen Bisnis HS jika Segmen Bisnis HS telah mencatatkan laba bersih positif.

https://www.emitennews.com/news/hero-hero-lego-bisnis-ritel-supermarket-rp183m-ini-alasannya